VISITOR

8 Juni 2013

Penjelasan Format Media Di HTML

Banyak format video kini sudah mendapat dukungan dari Browser, sehingga kini baik blog ataupun website sudah banyak yang disisipkan video  dengan format yang sangat beragam. Namun kita pun harus menyesuaikan format yang akan dipakai agar sesuai dengan apa yang kita butuhkan sehingga dapat membuat blog atau website kita menjadi lebih menarik. Berikut ini adalah beberapa format video yang sudah mendapat dukungan dari youtube, flash player ataupun HTML 5.


Format File Ekstensi Penjelasan
AVI.aviAVI (Audio Video Interleave) merupakan format video yang dikembangkan oleh Microsoft. Format AVI didukung oleh semua komputer yang berjalan pada sistem operasi Windows dan juga semua browser populer. Format ini merupakan format video yang paling umum digunakan di internet, namun tidak selalu dapat berjalan di komputer yang tidak menggunakan sistem operasi Windows.
FLASH→ .swf
→ .flv
FLASH (shockwave) merupakan format video yang dikemabangkan oleh Macromedia. Format shockwave membutuhkan komponen tambahan untuk dapat menjalankannya akan tetapi pada umumnya komponen yang dibutuhkan telah diinstal oleh browser itu sendiri, seperti Internet Explorer ataupun Firefox.
REAL VIDEO→ .rm
→ .ram
REAL VIDEO merupakan format video yang dikembangkan oleh Real Media. Fotmat ini dapat membuat streaming video (online video atau internet tv) berjalan dengan bandwidth yang rendah, oleh karena format ini meprioritaskan bandwidth sebagai yang paling utama sehingga terkadang kualitas sedikit dikurangi.
QUICK TIME.movQUICKTIME merupakan format video yang dikembangkan oleh Apple, format ini tidak begitu populer di internet, karena tidak bisa berjalan pada komputer yang bersistem operasi Windows, dan harus menambahkan komponen tambahan jika ingin menjalankannya.
MPEG→ .mpg
→ .mpeg
MPEG (Moving Pictures Expert Group) merupakan format yang sanngat populer di internet. MPEG merupakan format video lintas platform yang artinya berjalan pada semua sistem operasi dan juga semua browser populer.
WMV.wmvSama seperti AVI, WMV juga merupakan format video yang dikembangkan oleh Microsoft.  Akan tetapi format ini hanya bisa berjalan pada komputer yang berjalan pada sistem operasi Windows saja, dan jika ingin menjalankan format ini pada sistem operasi selain Windows diperlukan komponen tambahan yang harus di instal.
MPEG-4.mp4MPEG-4 merupakan format baru yang dapat dijalankan di internet. Namun pada kenyataan format ini sangat direkomendasikan oleh youtube untuk menggunakannya

Adapun untuk format sound (suara) yang umumnya digunakan di internet adalah sebagai berikut.


Format File Ekstensi Penjelasan
MIDI→ .mdi
→ .midi
MIDI (Musical Instrument Digital Interface) merupakan format audio untuk perangkat musik elektronik seperti synthesizers dan PC sound card. File MIDI tidak berisikan suara, namun berisikan instruksi (catatan) musik digital yang dapat dimainkan oleh perangkat elektronik seperti PC sound card. Karena format MIDI hanya berisikan instruksi (catatan) sehingga memiliki ukuran yang sangat kecil. Misalnya ukuran file hanya 25 kb namun bisa didengarkan lebih dari 5 menit. MIDI didukung oleh banyak sistem operasi dan software lintas platform juga didukung oleh semua browser populer.
REAL AUDIO→ .rm
→ .ram
Sama seperti format REAL VIDEO, hanya saja format REAL AUDIO berfungsi untuk audio atau suara.
WAVE.wavWAVE (waveform) merupakan format audio yang dikembangkan oleh IBM dan Microsoft. Format ini didukung oleh semua komputer yang berjalan pada sistem operasi Windows, dan semua browser populer kecuali Google Chrome.
WMA.wmaFormat WMA (Windows Media Audio), mempunyai kualitas yang sebanding dengan format mp3 dan kompatible dengan banyak perangkat pemutar musik kecuali i-pod. File-file dalam format WMA dapat dijadikan sebagai aliran data berkelanjutan (streaming) yang membuatnya sangat praktis untuk digunakan pada radio online ataupun situs pemutar musik.
MP3→ .mp3
→ .mpga
format mp3 merupakan format yang paling populer digunakan untuk menyimpan file musik dengan kombinasi sistem pengkodean dan konversi yang baik dengan kualitas yang tinggi.


1 komentar:

  1. jago HTML ini, terima kasih sudah berbagi ya, nambah pengetahuan saya.

    BalasHapus

Beri komentar Sobat untuk memperbaiki kekurangan dan kesalahan pada Blog ini dengan bahasa dan etika yang benar!!!! terima kasih