VISITOR

7 Juni 2013

Penjelasan Dan Penggunaan Multimedia Pada HTML

Sekarang ini penggunaan multimedia pada website atau blog seperti sound, music, video dan animasi sudah banyak mendapat dukungan dari browser untuk dapat digunakan membuat tampilan website atau blog menjadi lebih interaktif. 
Apa itu Mutimedia ?
apa itu multimedia?Mungkin pertanyaan ini pernah terlintas di pikiran sobat semua, multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi. Multimedia hadir dengan berbagai format dan hampir dapat menjadi apapun yang kita dengar atau lihat. Seperti teks, gambar, musik, suara video rekaman, film, animasi dan sebagainya. Di internet sobat mungkin sering menemukan penyisipan elemen multimedia pada halaman web, hal ini terjadi karena browser modern telah mendukung banyak format multimedia.
Dukungan Browser !
Pada pertama kali penggunaan browser internet hanya mendukung teks saja, bahkan teks yang didukungpun sangat terbatas hanya pada satu jenis huruf saja dalam satu warna. Kemudian pada perjalanannya browser pun datang dengan dukungan pada warna, jenis huruf dan teks style, serta menambahkan dukungan untuk gambar untuk selanjutnya mendukung penambahan multimedia dan akan masih terus berkembang. Dukungan untuk suara, animasi dan video ditangani secara berbeda-beda pada setiap browser. Beberapa elemen dapat ditangani oleh browser itu sendiri namun, ada juga beberapa elemen yang membutuhkan sebuah program pembantu tambahan (plug-in).
Fomat Multimedia !
Pada umumnya elemen multimedia (seperti suara/video) disimpan dalam file media dan cara yang paling umum untuk melihat format sebuah media adalah dengan melihat ekstensi yang digunakan oleh file tersebut. Ketika browser menemukan file berekstensi ".htm/.html" maka browser akan berasumsi bahwa file tersebut merupakan halaman HTML. Ektensi ".xml" diindikasikan sebagai file XML dan ekstensi ".css" diindikasikan sebagai file style sheet, sedangkan ekstensi untuk format gambar yang diakui seperti ".jpg , .gif , dan lain-lain. Selain itu elemen multimedia  juga mempunyai format filenya sendiri yang memiliki ekstensi yang berbede-beda seperti .swf , .wmv , .mp3 , dan .mp4.

4 komentar:

  1. salam, informatif sekali, terima kasih atas informasnya boss.

    blog ini sudah saya review di alexa, review balik ya boss. thks.

    BalasHapus
  2. salam kenal

    bisnis online klik http://indrasmansamapin.blogspot.com/2013/06/bingung-mencari-peluang-bisnis-yang.html

    BalasHapus
  3. trims buat kunjungannya sob!!!!

    BalasHapus
  4. waw artikel yg sangat bagus sekali kak,saya jadi tau kalau dalam kode html kita bisa memasukkan format media dan dalam setiap penjelasannya pun sangat mudah dipahami,semoga kedepan nya kakak dapat lebih berkarya lagi dalam membuat artikel yang sangat bermanfaat bagi saya dan juga lainnya.
    perkenalkan nama saya Krisna Puji Samudera
    dan kunjungi website kampus kami https://www.atmaluhur.ac.id/

    BalasHapus

Beri komentar Sobat untuk memperbaiki kekurangan dan kesalahan pada Blog ini dengan bahasa dan etika yang benar!!!! terima kasih