VISITOR

10 April 2013

Penjelasan Tentang HTML Hyperlink/Link

Hyperlink atau Link adalah sebuah kata, kalimat atau gambar yang dapat sobat klik untuk melompat/berpindah dari satu halaman web ke halaman web lainnya. Ketika sobat memindahkan kursor ke arah sebuah link pada halaman web, tanda panah pada kursor akan merubah menjadi sebuah replika tangan.
Tujuan dari penggunaan Hyperlink atau Link adalah sebagai penyedia referensi  sebuah titik acuan untuk tujuan pengkodean yang pada umumnya ditulis dari HTML Hyperlink. Ini merupakan cara untuk penulis dalam meyediakan potongan/penggalan kode HTML Hyperlink  sehingga mempermudah para visitor untuk melakukan copas (copy/paste) kode kedalam halaman  web mereka, sehingga semua penggunanya bisa melakukan pengeditan kode sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
Link dapat ditemukan pada hampir semua halaman web. Link mengijinkan penggunanya untuk mengklik link tersebut sebagai cara untuk melompat/berpindah dari satu halaman web ke halaman web lainnya. Link pada HTML didefinisikan dengan menggunakan Tag <a> yang dapat digunakan dengan 2 cara :
  1. Membuat sebuah link pada halaman lain dengan menggunakan atribut href.
  2. Membuat sebuah bookmark di dalam sebuah halaman dengan menggunakan atribut name.
Kode HTML untuk link yang sederhana akan terlihat seperti ini :


href  adalah atribut yang menentukan tujuan dari link.

Contoh kode sederhana untuk penggunaan sebuah link:



Untuk tampilan contoh kode diatas adalah seperti ini :

Tutorial Blog dan WebDesign

Jika sobat klik link di atas maka sobat akan dibawa menuju halaman beranda blog ini.


Apabila sobat ingin membuat link yang terbuka pada jendela baru pada browser, maka sobat harus menggunakan atribut target yang mana atribut inilah yang menentukan tempat terbukanya sebuah link. Untuk contoh penggunaan kodenya :



 
Maka tampilan untuk contoh diatas adalah seperti ini:


Tampilan sama seperti contoh yang pertama namun kini link ini terbuka pada jendela baru dari browser sobat jika sobat mengkliknya.

Itulah sedikit pengetahuan saya mengenai HTML Hyperlynk/Link yang bisa saya sampaikan kepada sobat blogger  dan semoga bisa menambah pengetahuan sobat tengtang HTML Hyperlink. Silahkan diluruskan atau ditambahkan apabila ada kesalahan atau kekurangan pada atikel ini. Sampai jumpa lagi pada postingan saya berikutnya,,,

"tantangan adalah sebuah hadiah dalam kehidupan" 
 

5 komentar:

Beri komentar Sobat untuk memperbaiki kekurangan dan kesalahan pada Blog ini dengan bahasa dan etika yang benar!!!! terima kasih