VISITOR

4 April 2013

Penjelasan HTML

Apa kabar sobat blog semua,, kali ini saya akan berbagi  pengetahuan saya tentang HTML. Artikel ini saya tujukan buat sobat blogger yang masih Newbie sama seperti saya. Dan untuk para mastah silahkan meluruskan apabila ada kekeliruan dalam artikel saya ini.
Apa sih HTML itu???
 HTML (Hyper Text Markup Langue) adalah sebuah bahasa komputer yang dirancang untuk membuat kreasi pada sebuah halaman website. Website ini kemudian dapat dilihat oleh setiap orang dimanapun mereka berada dengan syarat mereka mempunyai koneksi internet dan sebuah perangkat yang mendukungnya. Pada umumnya HTML mudah untuk dipelajari dan sangat powerful untuk membuat sesuatu yang ingin sobat buat pada halaman web. Sampai sekarang HTML masih terus melakukan revisi dan evolusi untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan para pengguna internet yang terus tumbuh dengan pesatnya. 
Bagaimana cara kerja dari HTML???
HTML terdiri dari  serangkaian kode-kode pendek yang ditulis ke dalam sebuah file teks, lalu teks tersebut disimpan dalam sebuah file .html dan dilihat melalui sebuah browser (seperti Internet Explorer atau yang lainnya). Browser membaca file dan menterjemahkan teks kedalam sebuah tampilan yang biasa sobat lihat pada halaman web. Menulis HTML sendiri membutuhkan ketelitian dalam penggunaan tag agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan yang sobat harapkan.
Tag-tag HTML markup biasanya disebut dengan tag HTML.
  • Tag HTML adalah kata kunci yang dikelilingi oleh kurung sudut (< >) misalnya <html>.
  • Tag HTML pada umumnya selalu berpasangan(pairs) misalnya <b> dengan </b>
  • Tag pertama adalah start tag (awal tag) dan yang kedua adalah end tag (penutup tag).
  • Awal tag dan akhir tag sering disebut juga opening tag dan clossing tag.
Dokumen HTML = halaman-halaman Web.
  •  Dokumen HTML menggambarkan halaman Web.
  •  Dokumen HTML berisikan tag HTML dan bersikan teks.
  • Dokumen HTM disebut juga halaman Web.
Tujuan dari sebuah browser Web (seperti Firefox dan yang lainnya) adalah untuk membaca dokumen HTML dan menampilkannya sebagai halaman Web. Browse tidak dapat menampilkan tag-tag HTML, akan tetapi menggunakan tag-tag tersebut untuk menjelaskan isi dari halaman Web. Contohnya;


Maka tampilan yang akan dihasilkan dari contoh kode di atas adalah sebagai berikut;



Adapun untuk penjelasan contoh tag-tag diatas adalah sebagai berikut;
  • Teks yang ada diantara <html>dan </html> menjelaskan halaman web.
  • Teks yang ada di antara <body> dan </body> menjelaskan tampilan isi halaman.
  • Teks yang ada di antara <h1> dan </h1> menjelaskan tampilan sebuah heading (kepala)
  • Teks yang ada diantara <p> dan </p> menjelaskan tampilan sebuah paragrap.
Catatan:
Html dapat ditulis dan di edit menggunakan editor yang berbeda-beda seperti Notepad, Dreamweaper, Visual Studio dan yang lainnya tergantung keinginan dan kebuatuhan sobat. Dalam memilih ekstensi penyimpanan untuk file HTML sobat, sobat dapat menggunakan salah satu diantara ekstensi file .htm atau .html karena hal ini tidak ada bedanya.

Sekian dulu postingan saya untuk kali ini, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermamfaat buat sobat semua,,,,"tidak pernah ada kata terlambat untuk belajar".

3 komentar:

  1. bagus bung...teruskan

    BalasHapus
  2. All right, you are correct buddy, on a regular basis updating weblog is actually necessary in support of Search engine optimization. Nice argument keeps it up. I impressed with your writing and knowledge skills.

    The best medical website design company for physicians and specialists.

    BalasHapus

Beri komentar Sobat untuk memperbaiki kekurangan dan kesalahan pada Blog ini dengan bahasa dan etika yang benar!!!! terima kasih